JENIS JENIS LENSA

Dalam konteks kamera video atau film, lensa berfungsi untuk mengirim cahaya ke strip film. Sementara di kamera biasa, entah itu DSLR atau bukan, lensa berfungsi mengarahkan cahaya ke sensor digital.

Dua-duanya terbuat dari rangkaian kaca pelat yang peka cahaya entah itu cembung atau melengkung keluar dan cekung atau melengkung ke dalam.

Jenis Jenis Lensa

Ada dua jenis lensa yang umum digunakan saat ini, diantaranya:

  • Lensa prima yang merupakan lensa yang rentang fokusnya tetap sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih tajam. Hanya saja lensa prima enggak fleksibel karena panjang fokus tersebut. Meski demikian, lensa ini cukup ringan dan adaptif sehingga cocok untuk digunakan untuk anda yang sedang bepergian sambil foto-foto
  • Lensa zoom atau zum yang merupakan serangkaian lensa dengan tujuan untuk mendapatkan fokus berbeda dari foto yang hendak dihasilkan. Dengan demikian, lensa macam ini cukup fleksibel meski tidak secepat lensa prima. Lensa zoom berisikan banyak kaca yang memungkinkan kamera untuk mendapatkan gambar yang pas meski enggak fleksibel untuk diajak jalan-jalan karena ukurannya yang cenderung besar dan berat ketimbang lensa prima

Dari dua jenis lensa diatas maka lahirlah berbagai jenis lensa sebagaimana yang anda kenal sekarang ini, berikut daftarnya:

1. Lensa khusus

Secara umum, ada beberapa jenis lensa khusus yang paling populer di kalangan fotografer saat ini, seperti:

  • Lensa mata ikan atau fish eye lens yang merupakan lensa ultra-wide-angle yang bisa mengambil foto dalam radius 180 derajat penuh disekitar objek. Lensa mata ikan dinamai demikian karena bisa mengubah bidang foto secara langsung dan hasil fotonya terlihat bergelembung dan biasanya berukuran 8mm sampai 15mm
  • Lensa tilt shitf adalah lensa yang bisa mendistorsi perspektif sehingga segala sesuatu yang di foto tampak lebih kecil dari ukuran sebenarnya
  • Lensa inframerah yang merupakan lensa dengan lebih fokus utama ke cahaya dan bukan perspektifnya. Lensa ini bisa menyaring semua gelombang cahaya kecuali inframerah dengan tujuan untuk mendapatkan efek visual yang unik.
2. Lensa makro

Lensa makro adalah salah satu jenis lensa yang memungkinkan foto terlihat lebih dekat. Lensa macam ini punya desain yang unik dan memungkinkan fotografer untuk mendapatkan gambar yang tajam dari jarak dekat.

Lensa ini cocok untuk fotografi alam atau kegiatan fotografi makro lainnya karena gambar yang dihasilkan cenderung jelas dan mendetail.

3. Lensa telefoto


Telefoto adalah jenis lensa zoom yang terdiri dari beberapa titik fokus. Jenis lensa ini sangat bagus untuk mengisolasi subjek yang jaraknya jauh.

Namun isolasi semacam ini berarti mengharuskan anda untuk mengorbankan ruang. Artinya, sudut pandang yang didapatkan bakal lebih sempit.

Karena itu, lensa telefoto banyak digunakan untuk fotografi udara, olahraga, fotografi astronomi dan lain sebagainya.

Dan secara umum, ada beberapa jenis lensa telefoto yang paling banyak digunakan fotografer, diantaranya:

  • Lensa telefoto pendek atau short telephoto lens dengan ukuran 70mm sampai 135 mm
  • Lensa telafoto medium atau medium tele photo lens dengan ukuran 150mm sampai 300 mm
  • Lensa telefototo khusus untuk pemotretan olah raga dan fauna atau Sport & Wildlife lens dengan ukuran 350 sampai 1200 mm.
4. Lensa sudut lebar

Lensa sudut lebar cocok digunakan untuk mengambil foto yang objek luas. Misalnya, foto keluarga, foto bersama di acara pernikahan dan lain sebagainya.

Artinya, lensa macam ini sangat cocok untuk fotografi lanskap, fotografi jalanan atau photojournalist.

Dengan lensa sudut lebar, hampir semua objek terlihat kecuali jika objek tersebut jaraknya sangat dekat dengan lensa.

Secara umum, ada beberapa jenis lensa sudut lebar yang banyak digunakan fotografer saat ini, diantaranya:

  • Lensa super lebar atau super wide angle lens dengan ukuran 12mm sampai 25mm
  • Lensa sudut lebar atau wide angle lens dengan ukuran 28mm hingga 40mm
5. Lensa standar biasa

Jika tidak fokus pada satu genre fotografi alias anda melakukan kegiatan fotografi apa saja, disarankan untuk pakai lensa yang satu ini.

Panjang fokus lensa ini kebanyakan ada dalam rentang 35mm sampai 85m. Disisi lain, lensa zoom dalam kisaran tersebut punya panjang fokus yang lebih kecil namun tetap bisa digunakan untuk mengambil objek seperti lensa sudut lebar.

Artinya, anda bisa menggunakan lensa ini untuk fotografi full-frame karena mampu memperbesar subjek yang hendak di foto.

Secara umum, ada beberapa jenis lensa standar biasa yang banyak digunakan saat ini, seperti:

  • - Lensa normal atau normal lens dengan ukuran 45mm sampai 60 mm
  • - Lensa vario atau zoom dengan rentang WA-N-ST, N-MT dan ST-LT
  • - Lensa portrait yang khusus untuk mengambil foto potret
  • - Lensa koreksi perspektif atau yang disebut juga PC lens'
  • 6. Lensa Sinema

  • Lensa sinema yang biasa disebut Cine Lens digunakan untuk pembuatan film cinematography. Lensa ini berbeda dengan lensa pada umumnya.Perbedaan terdapat pada bahan yang lebih baik, di kamera umum biasa terdapat aperture f-Stop namun pada lensa ini menggunakan T-Stop.
  • Untuk fotografi, aperture diukur dalam f-stop. Ini murni ukuran hubungan antara ukuran pembukaan lensa dan panjang fokus lensa. Untuk videografi, bagaimanapun, f-stop tidak cukup baik: Anda juga perlu mengetahui berapa banyak cahaya yang hilang ketika melewati lensa. Di sinilah T-berhenti atau transmisi berhenti masuk. Jika Anda memiliki dua lensa yang berbeda - katakanlah 35mm dan 50mm-set ke f-stop yang sama pada kecepatan rana yang sama dan ISO, gambar yang dihasilkan akan memiliki eksposur yang sangat mirip, tetapi tidak identik. Ini tidak benar-benar masalah untuk fotografi, tetapi ini adalah masalah besar untuk pembuatan film, di mana Anda sering bertukar lensa dan membutuhkan semuanya agar tetap identik. Untuk memperbaikinya, lensa cine menggunakan T-stops.
  • Jika Anda mengambil dua lensa yang sama dan mengaturnya ke T-stop yang sama, kecepatan rana, dan ISO, gambar yang dihasilkan akan sama. Inilah mengapa lensa Canon T1.3 cine 50mm memiliki serangkaian lensa sister: T1.5 24mm dan T1.3 85mm. Mereka dimaksudkan untuk digunakan bersama sebagai satu set. T1.5 identik di ketiga lensa.
  • Dan keunggulan lainnya yaitu terdapat pada kontrol fokus yang lebih tepat dengan ring besar yang diputar secara manual agar fokus lebih pas dan presisi.
  • Sumber:
  • https://bungkul.com/lensa-kamera-adalah/
  • https://id.if-koubou.com/articles/how-to/what-makes-a-cine-lens-different-from-regular-lenses.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINEMATOGRAFI

APLIKASI EDITING VIDEO YANG POPULER SAAT INI

FOTOGRAFI